Toyota Kijang Innova adalah sebuah MPV buatan Toyota Motor Corporation yang diproduksi di Indonesia oleh Toyota Astra Motor sejak tahun 2004. Merupakan kelanjutan dari Toyota Kijang dan dipasarkan tahun 2004. Kijang Innova adalah salah satu dari tiga produk IMV (lainnya adalah Toyota HiLux dan Toyota Fortuner) yang digagas Toyota sebagai basis produk kendaraan global yang berasal dari satu platform. Di negara lain, mobil ini hanya disebut Toyota Innova.
Kijang Innova juga dijual di India (menggantikan Toyota Qualis), Malaysia dan Singapura (menggantikan Unser), Filipina (menggantikan Toyota Revo), Taiwan (menggantikan Toyota Zace Surf),Vietnam (menggantikan Toyota Zace) dan Thailand. Mobil ini juga tersedia di pasar Brunei Darussalam, Arab Saudi, dan Uni Emirat Arab.
Toyota Kijang Innova generasi terbaru sudah diluncurkan pada tanggal 23 November 2015 di Jakarta, Indonesia.
Dibekali dengan mesin 2.0 liter (136 hp) 1TR-FE VVT-i dan 2.7 liter 2TR-FE VVT-i untuk mesin bensin, serta 2.5 liter (102 hp) 2KD-FTV D-4D common rail direct 4-stroke diesel injection turbocharger tanpa intercooler untuk mesin dieselnya. Versi 2.7 liter kini tidak lagi dipasarkan di Indonesia. Ketika masih dipasarkan, versi 2.7 liter hanya dijual untuk Tipe V dengan transmisi otomatis. Mesin ini sama dengan mesin yang digunakan Toyota Fortuner bensin.
Tipe Bisnis[sunting | sunting sumber]
Hanya dijual di Indonesia, Merupakan versi paling standard daripada Tipe J. Dilengkapi AC depan, Power steering, Power window, dan Kursi berkapsitas 5 orang.
Tipe J[sunting | sunting sumber]
Hanya dijual di Filipina dan Indonesia, merupakan varian Innova paling standar. Dilengkapi AC depan, power steering, power window, interior standar 2-tone, dan velg besi 14 inchi. Tidak dilengkapi peralatan audio. Di generasi ketiga Kijang Innova, Tipe J telah dilengkapi Head Unit 2Din CD dengan 4 Speaker, AC Double Blower, velg besi 14 inchi Ditutupi Wheel Cap, Wiper Belakang & Intermittent Wiper. Di generasi Kijang Innova keempat Telah Dilengkapi SRS Airbag dan Sabuk Pretensioner dan Force Limiter (PT/FL), tetapi di sisi eksterior Tipe J Tidak mengalami Perubahan eksterior. Diperkenalkan tahun 2009 dengan harga Rp.179 juta. Hanya tersedia dalam versi manual saja dengan mesin 2.0L bensin. Kini tipe J dijual dengan harga 200 juta-an.
Tipe E[sunting | sunting sumber]
Di banyak negara, tipe E merupakan varian paling standar. Dilengkapi kunci manual (tanpa remote control), tidak ada kipas belakang (single blower) (Pada Pergantian mesin Euro2, Innova E telah dilengkapi AC Double blower dan Toyota Auto Alarm) , dan tidak ada lampu kabut, tapi sudah memakai velg aluminium (Di tipe E Automatic) . Sudah ditambah head unit kaset dan 4 speaker. Di Generasi Ketiga, Tipe E kini menggunakan velg terbaru, Head Unit 2Din CD dengan 4 Speaker, Dan Rear Wiper. Pada Generasi Keempat, Tipe E Telah Dilengkapi SRS Airbag dan Sabuk Pretensioner dan Force Limiter (PT/FL), Serta Mengalami Perubahan eksterior. Dijual dengan harga mulai Rp. 220-250 juta.
Tipe G[sunting | sunting sumber]
Varian dari Tipe G ditambahkan head unit 2-DIN, sensor parkir, lampu kabut, kipas belakang. Mulai disediakan model captain seat, yaitu kursi penumpang bagian tengah terpisah menjadi 2 kursi sendiri.
Tipe V[sunting | sunting sumber]
Tipe V merupakan tipe teratas dari Kijang Innova. Dilengkapi dengan kantong udara (airbag), ABS (Anti-lock Braking System), panel informasi (MID/Multi Information Display), pengatur AC digital, jok kulit, head unit dengan DVD dan captain seats optional. Panel interiornya sebagian menggunakan wood panel. Di Kijang Innova Generasi Ketiga, Tipe ini Disediakan Rear Seat Entertainment yang sebelumnya hanya hadir di Tipe Luxury.
Luxury Series[sunting | sunting sumber]
Pada tahun 2010, Diluncurkanlah tipe Luxury Series Pada tipe G dan V. Dilengkapi dengan, Spion dengan Lampu Sein, Kursi captain seat, dan Rear Seat Entertainment yang dilengkapi Wireless Headphone dan Remote Control. Di Genrasi Ketiga ini, Tipe Luxury Series telah dilengkapi Front & Rear Bumper Spoiler, Side Spoiler.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar